Jan 23, 2012

Cara Mengetahui Saat Komputer Terinfeksi Spyware

pengertian spyware dan tanda-tandanyaSpyware adalah sejenis software/program yang terinstal pada komputer Anda untuk melihat dan merekam akitivitas-aktivitas Anda di internet. Beberapa jenis spyware bahkan bisa mengumpulkan data dan informasi yang Anda ketikkan pada website dan program lainnya.
Nantinya, data dan informasi yang dikumpulkan tersebut biasanya akan digunakan untuk menampilkan iklan tertarget kepada Anda, sesuai dengan profil yang mereka dapat. Spyware juga bisa memanfaatkan data Anda untuk digunakan secara tidak bertanggung jawab, seperti memalsukan identitas, dan lain sebagainya.
Software-software spyware tersebut dapat terinstal pada komputer Anda melalui berbagai cara, dan umumnya pengguna komputer tidak sadar saat sebuah software spyware terinstal. Misalnya saat Anda mendownload free games, wallpaper dan screensaver, dan file-file lainnya di internet.
Jika file tersebut ditanamkan spyware dan Anda mengunduhnya, maka saat itu pula spyware terinstal di komputer Anda dan mulai menjalankan aksinya.

Berikut adalah beberapa pertanda pada komputer yang bisa diindikasikan bahwa komputer tersebut terinfeksi oleh spyware:
  • Terdapat toolbar baru, link, bookmark/favorites, yang tidak pernah Anda instal sebelumnya pada browser (Firefox, Chrome, Opera, dll) Anda.
  • Homepage, mouse pointer, dan kolom pencarian pada browser Anda berubah setingannya dari sebelumnya. Perubahan-perubahan tersebut mungkin disebabkan oleh aksi sang spyware.
  • Seringnya muncul iklan-iklan pop-up, bahkan saat komputer Anda tidak terhubung dengan internet.
  • Anda mengetikkan sebuah alamat website di browser, namun Anda malah dibawa pada halaman web lain.
  • Komputer tiba-tiba menjadi lambat. Spyware bukanlah penyebab utama menurunnya performa komputer Anda, tapi aktivitas-aktivitas software tersebut akan menggunakan resource komputer, sehingga bisa mengurangi performa komputer secara keseluruhan.
Terkadang, komputer Anda seperti tidak mengalami apapun saat spuware tertanam pada sistem komputer Anda, bahkan saat mereka sedang beraksi. Untuk itulah disarankan untuk setiap pengguna komputer untuk menggunakan program antivirus/spyware dan selalu uptodate. Hal tersebut sangat ampuh untuk mencegah masuknya program-program yang tidak Anda inginkan pada komputer Anda.
Sebagai alternatif, Anda bisa mengecek keberadaan spyware dan melakukan scanning pada komputer Anda secara online, tanpa mendownload dan instalasi terlebih dahulu. Untuk melakukannya, silahkan menuju halaman berikut: apliaksi gratis untuk scan virus dan spyware secara online.
Share on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright HIDRA FILE 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Firman Pilo | Published by Borneo Templates and Hydrafile